Pengembangan Ensiklopedia Tokoh Wayang Pandawa Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya Bagi Siswa Sekolah Dasar

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Andika Gutama Cicilia Ika Rahayu Nita Hanna Irfani Fauziah

Abstrak

Pada era modern ini pengetahuan tentang budaya Jawa di Sekolah Dasar semakin minim terutama kesenian budaya wayang. Dalam mengenalkan budaya wayang kepada siswa Sekolah Dasar agar tidak punah karena dampak dari budaya asing masuk ke indonesia sehingga mempengaruhi budaya lokal luntur khususnya wayang pandawa. Pada setiap tokoh wayang terdapat nilai-nilai positif untuk membangun karakter siswa Sekolah Dasar. Studi ini bertujuan guna memahami proses, kelayakan dan kepraktisan pengembangan ensiklopedia tokoh wayang pandawa sebagai wujud pelestarian budaya Jawa bagi peserta didik Sekolah Dasar. Studi pengembangan ini menerapkan model ADDIE, meliputi analysis, design, development, implementation, serta evaluation. Data yang dipergunakan di penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji kelayakan memperoleh kategori “Sangat Layak” dengan hasil presentase 97,5% oleh pakar media, 93,75% pakar materi, serta 93,75% pakar bahasa. Uji kepraktisan mendapat kategori “Sangat Praktis” dengan hasil presentase 96.00% oleh guru dan 99,00% oleh siswa. Oleh karena itu, ensiklopedia pantas diaplikasikan sebagai materi pembelajaran di Sekolah Dasar.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles
Referensi
[1] M. Amelia and Z. H. Ramadan, “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5548–5555, Nov. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1701.
[2] Y. Ernawanto, S. Sutama, M. Minsih, and Y. Prastiwi, “Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3398–3404, Mar. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2629.
[3] Y. Anggraini, “Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 9205–9212, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3963.
[4] E. Nurdiansyah, E. El Faisal, and S. Sulkipani, “Pengembangan Ensiklopedia Identitas Nasional Berbasis Kearifan Lokal,” Jurnal Civic Hukum, vol. 6, no. 2, Nov. 2021, doi: 10.22219/jch.v6i2.14612.
[5] H. Ibda, Media Pembelajaran Berbasis Wayang. CV. Pilar Nusantara, 2017.
[6] E. P. Permana, “Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar,” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 2, no. 2, pp. 190–196, Jun. 2021, doi: 10.37478/jpm.v2i2.1028.
[7] S. Anwar, S. Subari, and S. Yahya, “Eksplorasi Punokawan Dalam Perancangan Asset Game Bergaya Chibi Untuk Generasi Muda Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Nusantara,” MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 4, no. 01, pp. 1–6, Mar. 2022, doi: 10.32664/mavis.v4i01.519.
[8] P. H. Hartono, “Perancangan Interactive Motion Graphic Tentang Wayang Beber Sebagai Sarana Pengenalan Budaya,” MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 1, no. 1, pp. 32–41, Mar. 2019, doi: 10.32664/mavis.v1i1.276.
[9] I. K. R. Sukadana, S. Sarjono, and S. Yahya, “Media Pengenalan Aksara Bali untuk Sekolah Dasar Kelas Rendah Berbasis Motion graphic,” MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 3, no. 02, pp. 59–64, Sep. 2021, doi: 10.32664/mavis.v3i02.617.
[10] T. Sutarti and E. Irawan, Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan, vol. 1. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2017.
[11] L. A. Nurjanah, I. N. Arcana, and N. Rhosyida, “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Materi Skala Kelas V Sekolah Dasar,” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, vol. 5, no. 3, Nov. 2019, doi: 10.30738/trihayu.v5i3.6117.
[12] N. Nadifatinisa and P. M. Sari, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V,” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, p. 344, Aug. 2021, doi: 10.23887/jp2.v4i2.37574.
[13] A. E. Damayanti, I. Syafei, H. Komikesari, and R. Rahayu, “Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis,” Indonesian Journal of Science and Mathematics Eduation, vol. 1, no. 1, pp. 63–70, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index